Pages

Tips Agar Anak Gak Kecanduan Nonton TV

Batasi waktu menonton TV, dan ajarkan anak bersosialisasi, serta melakukan berbagai aktivitas positif.

Sue Palmer, pakar anak mengatakan, bahwa anak-anak harus diperkenalkan televisi (TV) secara bertahap agar mereka tidak akan kecanduan.


Lantas, bagaimana cara memperkenalkannya agar mereka tak kecanduan menonton TV? Berikut beberapa panduan yang diberikan oleh Sue Palmer:

1. Hindari memperkenalkan telvisi atau layar komputer sampai anak berusia 2 tahun. Ini sangat penting dilakukan, karena penelitian menunjukkan, anak yang diberi kesempatan nonton TV saat usianya masih dibawah 2 tahun, menyebabkan masalah dalam perkembangan psikologisnya.
  
2. Tentukan batas maksimum anak-anak diizinkan untuk menonton televisi atau komputer, karena anak-anak perlu bermain untuk mengembangkan keterampilan interaksi sosialnya.

3. Pastikan anak dapat menonton televisi atau komputer setelah mereka belajar. Aturan ini harus dilakukan dengan disiplin demi kebaikan masa depannya.

4. Jauhkan atau tidak menempatkan televisi di kamar tidur anak. Televisi sebaiknya diletakkan di ruang keluarga, sehingga orangtua dapat mengontrol apa saja yang mereka tonton.

5. Ajak anak bermain di luar agar mereka bisa bertemu dengan teman atau berinteraksi secara nyata dan alami. Dengan begitu perhatian anak tak hanya terpaku pada televisi. Selain itu mereka juga mengetahui, bahwa dunia bermain (nyata) tak kalah menyenangkan dari televisi.

6. Sediakan waktu untuk menjaga kebersamaan dengan keluarga dengan duduk bersama dan menghabiskan waktu bermain atau melakukan perjalanan menyenangkan bersama pasangan dan anak Anda.

Dengan melakukan tips-tips tersebut anak tidak akan kecanduan nonton TV, karena mereka begitu menikmati kehidupan nyata bersama keluarga dan lingkungan sekitarnya. Selamat mencoba!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...