Pages

Tips Kulit Kering dan Bersisik

Agar kulit tidak kering dan bersisik, ikuti beberapa tip berikut ini.
  • Gunakan pelembap yang mengandung AHA, vitamin C, dan vitamin E. Oleskan minimal 2 kali sehari, terutama sehabis mencuci muka atau mandi.
  • Lebih baik mandi dengan waktu singkat menggunakan air dingin setiap hari, dibanding air hangat. Terlalu lama mandi menggunakan air hangat akan membuat kulit kering dan mudah iritasi.
  • Atur suhu AC. Hindari berada di ruangan ber-AC terlalu lama.
  • Sesekali lakukan pijatan pada kulit wajah dan tubuh menggunakan minyak zaitun, dengan penekanan di titik-titik akupresur. Selain menstimulasi kelenjar minyak untuk berproduksi, hal itu juga dapat melancarkan sirkulasi darah.
  • Gunakan sarung tangan atau pelindung tangan lain jika bersentuhan langsung dengan detergen dan cairan pembersih yang  mengandung pemutih, seperti karbol atau lisol. Khusus tumit yang pecah-pecah, gunakan sandal saat di rumah. 
Mencari pelembab yang tepat untuk kulit wajah kering merupakan hal yang sangat penting. Beberapa pelembab mungkin malah akan membuat kulit wajah semakin kering, sedangkan yang lain akan membuat kulit wajah menjadi berminyak.
Berikut adalah tips sederhana dalam memilih pelembab yang tepat untuk kulit wajah kering
Pilih pelembab yang memiliki kandungan minyak yang tinggi.
Jika memiliki kulit wajah yang sangat kering, pelembab yang mengandung minyak dalam jumlah tinggi akan bekerja dengan baik untuk Anda.
Tapi, jika tingkat kekeringan kulit wajah ringan sampai moderat, Anda harus menggunakan pelembab yang sedikit kandungan minyaknya dan berbahan dasar air.
Tentukan apakah kekeringan terjadi pada seluruh kulit wajah atau hanya di beberapa area wajah saja.
Banyak orang yang memiliki jenis kulit kombinasi, dimana mereka memiliki area wajah yang berminyak di zona T (hidung, dahi bagian tengah, dan dagu), sedangkan area wajah yang lain kering, bahkan bersisik.
Jika memiliki jenis kulit kombinasi, gunakanlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan oleskan pelembab hanya pada area kulit wajah yang kering.
·Gunakan pelembab yang dapat menjaga kelenturan kulit.
Carilah pelembab yang mengandung gliserin, dimethicone, hyaluronic acid, dan urea 20% untuk kulit wajah yang ekstra kering. Bahan-bahan tersebut bisa menjaga kulit tetap lentur dan terhidrasi.
Beli pelembab yang hipoalergenik.
Untuk menjaga kulit wajah terhindar dari reaksi alergi terhadap parfum atau zat aditif lainnya, belilah pelembab yang hipoalergenik.
Ini akan menghindari kulit wajah teriritasi karena alergi terhadap suatu produk yang akan membuat kulit wajah semakin kering bahkan bersisik.
Pertimbangkan untuk menggunakan pelembab alami.
Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan semua pelembab alami, contohnya olive oil (minyak zaitun).
Harganya akan lebih murah jika digunakan sebagai pelembab dibandingkan harga pelembab lain yang dijual di toko.
Selain itu, dengan menggunakan pelembab alami, pori-pori kulit wajah tidak akan tersumbat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...