Pages

Daun Suji Untuk Obat Tradisional

Daun Suji untuk obat tradisional - Banyak bermacam-macam nama yang disebut oleh masyarakat terkait dengan daun Suji, ada yang menyebutnya dengan Daun Kayu Sugih atau daun pandan wangi. Bila ada yang bingung seperti apa daun suji ini? Biasanya daun ini digunakan untuk pengharum dan pewarna makanan. Daunya yang mengeluarkan getah berwarna hijau bila dicampur dengan air. Daun ini lebih sering dijadikan sebagai pewarna, daun suji ini digunakan dalam makana ringan, kue-kue, dan makanan tradisional lainya.

Selain itu sebenarnya daun suji ini dapat pula digunakan sebagai obat tradisional karena adanya getah yang tergandung didalamnya, sehingga mampu untuk mengobati penyakit disentri, beri–beri, kencing nanah, dan nyeri haid.

Zat kimia yang terkandung dalam daun suji diantaranya saponin dan flavonoid karena daun yang berwarna hijau dengan rasa pahit, dingin dan baunya yang khas harum suji. Adapun cara pengolahan sebagai obatnya sebagai berikut: 

Obat Penyakit Disentri dan Beri-beri Tradisional
Cara Pembuatan, ambil daun suji yang masih segar secukupnya. Cuci bersih dan tiriskan, siapkan air dalam tempat dan rebus daun tersebut. Setelah air mendidih dan menjadi setengah bagian, saring dan dinginkan kemudian siap dinikmati. Untuk ukurannya, bagi penderita Disentri dan beri-beri cukup meminumnya sebanyak satu gelas perhari. 

Obat Penyakit Kencing Nanah Tradisional
cara pembuatan sama seperti halnya dalam penyakit Disentri dan Beri-beri, yaitu daun suji direbus hingga menyisakan air setengah bagian. Perbedaan dalam penyajian, dalam penyakit kencing nanah cukup mengkonsumsi dua kali sehari setengah gelas. 

Obat Bila nyeri saat Haid Tradisional
Proses pengolahan daun suji ini masih sama dengan cara diatas, perbedaan hanya dalam hal cara mengkonsumsinya yang hanya satu gelas per hari.

Sebenarnya daun suji ini, banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Habitat daun suji yang berada dalam daerah yang memiliki kelembaban tinggi dengan intensitas cahaya matahari yang sedang dan sangat cocok hidup di taman dan tanah belakang rumah. Cara mengembangkannya cukup dengan okulasi, selain akan menghasilkan bibit yang baik juga mudah cara pembibitnaya. 

Untuk menghasilkan kualitas daun suri yang baik, sebaiknya penyiraman secara rutin dan perawatan dengan penambahan pupuk organik sangatlah disarankan. Demikian informasi tentang daun suji yang bisa kita manfaatkan sebagai obat tradisional.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...