Pages

Janin 5 Bulan Dalam Kandungan

Bagaimana keadaan janin 5 bulan dalam kandungan ibu hamil? Ukuran panjang janin 5 bulan dalam kandungan kira-kira 25 cm. Dan menyenangkan ketika kita tahu, bahwa janin usia 5 bulan sudah bisa merasakan dan mengenali lingkungannya. Gerakan-gerakannya terkadang sampai membuat tidur ibu hamil agak terganggu. Karena biasanya janin usia 5 bulan akan akif beraktifitas (bergerak) justru pada malam hari. Sedang pada pagi sampai agak sore biasanya calon bayi usia 5 bulan sedang istirahat. Sehingga mungkin akan sedikit gerakan yang dirasakan ibu hamil pada siang hari. Dan kegiatan ini berlangsung secara teratur.

Gambar Foto Janin 5 Bulan Dalam Kandungan
Ketika berusia 17 minggu kulit pada janin ini mulai berkembang, pembuluh darahnya terlihat karena kulit masih transparan. Bagian telinga juga sudah terbentuk secara lengkap. Matanya masih terpejam, tapi dia bisa menangkap cahaya yang masuk melalui perut ibu. Dan pekan berikutnya ketika berusia 18 minggu, ia sudah bisa mendengar suara. Bila suara yang terdengar janin cukup keras, biasanya akan bereaksi dengan gerakan-gerakan. Kerja otot janin sudah mulai bereaksi dengan baik. Bisa bergerak dengan lebih aktif seperti gerakan menendang dan meninju, lucu ya. Bahkan janin juga bisa merasakan kondisi emosi ibunya, seperti misalnya anda sedang sedih, gembira, lucu dan lainnya. Janin juga merasakan kondisi yang sama.

Kalau ada beberapa ibu hamil yang belum merasakan gerakan pada perut sebelumnya, maka pada minggu selanjutnya yaitu usia 19 minggu biasanya ibu hamil akan merasakannya. Pada usia ini, perkembangan otak janin semakin berkembang dengan cepat. Dan janin juga bisa melakukan gerakan-gerakan secara sadar, misalnya gerakan memasukkan jempol tangan ke dalam mulutnya dan menghisap.

Dan selanjutnya, hampir bisa dipastikan (dalam kondisi normal) ibu hamil bisa merasakan gerakan janin 20 minggu dalam kandungan. Otot-otot janin semakin berkembang, dan bahkan menurut sebuah catatan, janin bisa bergerak sebanyak 200 kali dalam sehari. Mungkin ibu hamil hanya merasakannya beberapa kali sehari pada gerakan yang sedikit kuat dari janin dalam kandungan.

Itulah kira-kira perkembangan janin 5 bulan dalam kandungan yang ingin anda ketahui. Tentu saja, setiap ibu hamil sangat ingin tahu bagaimana perkembangan janin dalam kandungan, normal dan sehatkah calon buah hati kita. Kita bisa konsultasi ke dokter kandungan dan bisa melakukan USG kehamilan yang saat ini dengan alat yang semakin canggih, untuk mengetahui secara pasti bagaimana bentuk dan perkembangan janin 5 bulan dalam kandungan ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...