Pages

Belajar Bermain Gitar


Beberapa strategi dan teknik tertentu dapat membantu Anda belajar bermain gitar dengan cepat.
Belajar bermain gitar membutuhkan dedikasi dan praktik yang banyak, seperti belajar memainkan instrumen musik yang lain.
Untuk hasil yang optimal, kesabaran dan tekad adalah syaratnya. Selain itu, Anda membutuhkan banyak waktu yang harus disisihkan untuk latihan atau praktik setiap hari.
Sayangnya tidak ada “metode magic” untuk belajar gitar dalam waktu semalam. Namun, dengan tekad kuat dan latihan tanpa henti, hasilnya bisa dilihat dalam satu atau dua minggu.
Berikut tips belajar bermain gitar dengan cepat:
1. Persiapan: Mencari waktu dan ruangan yang tenang untuk latihan.
Sebelum mulai latihan, putuskan tempat dimana Anda akan melakukan latihan setiap hari.
Carilah ruangan yang nyaman dan bebas gangguan, dimana perhatian bisa terfokus hanya pada gitar dan latihan yang akan Anda lakukan.
Matikan TV, komputer, dan HP. Mintalah keluarga dan teman-teman untuk menghormati privasi ruangan yang Anda pilih selama berlatih gitar.
Pastikan untuk menyisihkan minimal dua jam dalam sehari untuk berlatih.
2. Bahan untuk Latihan: Diagram chord akan membuat belajar menjadi mudah.
Sebuah buku atau diagram chord yang dapat Anda print dari internet adalah bekal penting yang dapat membantu  saat berlatih bermain gitar.
Diagram chord harus menggambarkan bagaimana membuat akord pada leher gitar, senar mana yang harus dibunyikan, serta jari mana yang harus digunakan.
Informasi lain yang termasuk dalam diagram chord adalah senar mana yang tidak boleh bunyi dan kadang-kadang kunci yang membuat sekelompok akord saling melengkapi satu sama lain.
3. Memilih Lagu: Rock klasik merupakan jenis lagu yang dapat dipilih untuk belajar.
Lagu pertama yang dipilih harus sederhana dan Anda sukai. Banyak sekali lagu yang populer dari 50 tahun terakhir.
Lagu daerah atau rock ‘n roll klasik barat merupakan genre yang bagus untuk dipilih. Cobalah hindari jenis lagu yang kompleks di awal-awal latihan.
Setelah memutuskan lagu apa yang dipilih, carilah tabulasi gitar dan informasi mengenai kunci lagu tersebut di internet, sehingga Anda akan tahu akord apa yang harus dipelajari.
4. Praktik: Jangan biarkan sakit di jari menjadi pengahalang.
Selama dua minggu ke depan, sisihkan dua jam setiap hari untuk belajar lagu yang telah dipilih. Gunakan diagaram chord untuk berlatih membuat akord, lakukan berulang kali.
Belajar bermain gitar adalah perpaduan antara ingatan pengetahuan dan otot jari, jadi pengulangan sangatlah penting dilakukan.
Setelah berlatih beberapa hari, jari-jari akan mulai terasa sakit. Ini merupakan awal dari penebalan kulit (yang juga sering disebut kapalan) di ujung jari.
Jika ini terjadi, Anda bisa mengambil libur sehari untuk tidak berlatih dan merendam ujung jari. Tapi, pastikan untuk melanjutkan latihan keesokan harinya meskipun rasa sakit di jari belum sepenuhnya hilang.
Dalam waktu seminggu atau lebih, kapalan akan muncul, dan Anda akan melihat bahwa merubah akord dan memainkan lagu menjadi lebih mudah.[]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...