Pages

Manfaat Olah Raga Bagi Kecerdasan

Manfaat olahraga biasanya hanya difokuskan pada kesehatan tubuh manusia. Tetapi pada sebuah penelitian oleh University of South Carolina, terungkap bahwa manfaat olahraga juga bagus untuk kecerdasan dan ketajaman pikiran. Pada penelitian tersebut mengemukakan, berolahraga dengan treadmill (mesin alat bantu lari) akan membantu mendorong untuk memperkuat sel-sel pada otak.
Misalnya berolahraga dengan treadmill bisa membantu agar energi otak bekerja lebih efisien dan lebih cepat. Hal ini akan membuat otak menjadi lebih segar dan muda. Untuk ukuran jangka pendek, melakukan olahraga setiap hari selama kira-kira 30 menitsecara rutin, bisa mengurangi kelelahan pada mental dan juga sekaligus mempertajam daya pikir otak. Bahkan dengan melakukan olah raga ini, bisa membantu penyembuhan penyakit otak (misalnya Alzheimer).
manfaat olahraga bagi kecerdasanPenelitian tentang manfaat olahraga bagi kecerdasan ini bermula dari percobaan pada beberapa tikus. Setengah dari tikus-tikus tersebut, dipaksa secara teratur untuk berlari di Treadmill yang sudah dimofikasi khusus untuk penelitian ini selama setengah jam, rutin setiap hari. Sementara kelompok tikus yang lain dibiarkan bebas di dalam kandang.
Dan tampak perbedaan pada dua kelompok tikus percobaan tersebut. Dan hal ini juga sama pada manusia. Penelitian tentang hal ini sudah diterbitkan dalam The Journal of Applied Physiology. Nah, bagi kita tentunya banyak efek bagus dan banyak yang akan kita dapat dari manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh dan kecerdasan otak. Siap mencoba?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...