Pages

Tips untuk Cek Kesehatan Agar Optimal

Cek KesehatanPemeriksaan kesehatan secara menyeluruh (General Medical Check-Up) perlu dilakukan secara berkala untuk mengetahui ada tidaknya kelainan atau penyakit yang berpotensi membahayakan.

Ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan saat melakukan medical check up seperti disarankan Laboratorium klinik Prodia yang dilansir Rabu (3/11/2010).

1.Pilihlah laboratorium atau rumah sakit yang profesional, terakreditasi dan mengutamakan mutu, agar hasil GMC kita dapat dipercaya dan menggambarkan kondisi kesehatan Anda yang sebenarnya.

2.Jangan terpaku pada nama paket GMC yang ditawarkan serta harganya. Sebaiknya kita bandingkan rincian pemeriksaan yang tercakup dalam masing-masing paket GMC yang ditawarkan.

Isi panel GMC yang diambil sebaiknya disesuaikan dengan usia, riwayat kesehatan keluarga, dan gaya hidup. Tidak ada salahnya bila kita berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menetapkan pemeriksaan apa saja yang perlu dilakukan sesuai kebutuhan Anda.

3. Ikuti semua persyaratan pemeriksaan dan lakukan persiapan sebelum pemeriksaan secara seksama.
4. Berikan informasi yang ditanyakan petugas secara jujur dan jelas.
5. Sebaiknya lakukan GMC di pagi hari, di mana tubuh dalam keadaan stabil setelah istirahat (tidur malam).

Kenapa harus melakukan medical check up?

Seringkali seseorang baru menyadari arti kesehatan ketika sudah jatuh sakit. Dan kesibukan sehari-hari sering membuat lupak untuk melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh secara berkala.

General Medical Chec-Up (GMC) merupakan pemeriksaan minimal lengkap berupa beberapa jenis pemeriksaan laboratorium dan penunjang diagnostic lain yang harus dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya kelainan atau penyakit yang umum terjadi dan potensial membahayakan.

Manfaat General Medical Check-Up
Secara garis besar, manfaat yang didapatkan dari General Medical Check-Up antara lain:

  1. Mencegah berkembangnya suatu kelainan atau penyakit

  2. Melakukan pengobatan segera

  3. Mencegah atau menunda terjadinya komplikasi

  4. Menghemat biaya pengobatan

  5. Memperpanjang usia produktif dan usia harapan hidup

  6. Meningkatkan kualitas hidup


Persiapan mental juga diperlukan ketika menghadapi hasip General Check-Up, karena ternyata bisa saja ditemukan kelainan kesehatan berdasarkan hasil tersebut.

Seseorang akan lebih tenang apabila hasil pemeriksaan tersebut tidak mengindikasikan adanya kelainan atau penyakit, namun apabila ternyata ditemukan kelainan, sesungguhnya kita diuntungkan karena bisa mengetahuinya lebih dini serta memiliki waktu yang cukup untuk tindakan selanjutnya.

GMC memberikan gambaran minimal lengkap secara umum atas kondisi kesehatan kita, oleh karena itu beberapa kelainan atau penyakit yang mungkin terjadi bisa diketahui secara langsung maupun tidak langsung.

Penyakit yang dapat langsung dideteksi dengan GMC adalah hipertensi, diabetes melitus, kelainan lemak darah, penyakit darah (anemia, kanker darah), penyakit hati (hepatitis, sirosis, kanker hati), penyakit ginjal (infeksi, kebocoran ginjal, gagal ginjal), penyakit rematik asam urat, penyakit paru, dan penyakit jantung koroner.

Sementara itu, untuk penyakit yang tidak langsung terdeteksi maka GMC merupakan langkah awal menuju ke arah kepastian diagnosis dari penyakit yang diduga.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...