Pages

Apa Penyebab Mimisan Itu

Apa penyebab mimisan yang sering terjadi pada anak-anak terutama, dan juga pada orang dewasa. Penyebab mimisan (epistaksis) paling sering terjadi adalah karena terjadi luka pada lapisan mukosa hidung, dimana terdapat banyak pembuluh darah yang halus. Pada jenis mimisan yang ringan, biasanya tidak terlalu harus membuat risau, ini bisa terjadi misalnya ketika anak-anak sedang bermain dan mengalami cedera pada daerah hidung. Tetapi ketika mimisan sering kali terjadi, ini bisa mengindikasikan adanya jenis penyakit lain dalam tubuh. Mimisan yang sering terjadi juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya anemia (kurang darah) pada seseorang, karena sering terjadi perdarahan dan sel darah merah yang dibawah normal dalam tubuh seseorang.

penyebab mimisan
Diantara penyebab mimisan bisa dikarenakan beberapa hal sebagai berikut:

• Karena terjadi infeksi pada daerah sekitar hidung, misalnya karena sinusitis dan vestibulitis.
• Mimisan bisa disebabkan karena terjadi luka atau cedera pada selaput lendir yang kering di hidung. Cedera yang terjadi bisa disebabkan karena terjatuh, ketika mengorek hidung terlalu keras, terdapat jenis benda asing di dalam hidung (biasanya ini terjadi pada anak-anak), karena iritasi oleh sejenis gas yang sifatnya merangsang, tulang hidung patah dan penyebab lainnya.
• Terjadi infeksi iskemik, ini pada seseorang yang menderita demam berdarah, infuenza, demam tiroid dan morbili.
• Karena ada kelainan pada darah, misalnya karena jenis penyakit leukimia, anemia aplastik, hemofilia, trombositopenia.
• Penyebab mimisan juga bisa terjadi karena adanya tumor pada hidung.
• Faktor lingkungan, cuaca dan tekanan udara, misalnya pada kedalaman, ketinggian, cuaca yang dingin dan lainnya.

Untuk mengatasi mimisan yang ringan bisa dibaca di sini, dan bila terjadi lebih sering sebaiknya memeriksakan diri lebih lanjut. Ini untuk mengantisipasi secara dini adanya jenis gangguan kesehatan atau ada penyakit lain yang mungkin diderita. Semoga sedikit artikel tentang penyebab mimisan ini bisa bermanfaat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...