Pages

Tips Kesehatan Mengatasi Ganguan Sakit Kepala

Tips Kesehatan Mengatasi Ganguan Sakit Kepala
Kenzoo - Siapa yang tidak mengenal dengan salah satu jenis penyakit ini. Tentunya semua orang mengenalnya dan bahkan bisa dikatakan hampir semua orang pernah mengalami kejadian dimana kepala terasa berat, pening dan sakit. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab sakit kepala, diantaranya adalah stres karena pekerjaan, kurangnya tidur yang berkualitas, kelelahan dan masih banyak lagi hal lainnya. Namun, disini kenzoo bukan ingin mengajak anda para sahabat untuk membahas masalah penyebab dari sakit kepala, karena dalam posting kali ini, kenzoo justru akan mengulas tentang Tips Kesehatan bagai mana cara mengatasi gangguan sakit kepala tersebut.

Nah, dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang  bagaimana mengatasi Depresi Akibat Kurang Tidur, maka ini bisa menjadi kelanjutan dalam posting tersebut. Dan inilah beberapa Tips Kesehatan Mengatasi Gangguan Sakit Kepala yang bisa anda lakukan :

Istirahat di Kamar Yang Gelap

Stres merupakan salah satu penyebab utama sakit kepala. Melemaskan otot yang tegang dapat membantu mengurangi sakit kepala akibat ketegangan otot, dan ini merupakan jenis yang paling umum dari sakit kepala. Orang yang menderita sakit kepala karena tegang juga bisa dimungkinkan karena terlalu sensitif terhadap cahaya atau suara. Beristirahat atau duduk di sebuah ruangan dengan pencahayaan yang remang-remang, menutup mata dan berusaha menjaga punggung, leher, dan bahu tetap rileks menjadi salah satu Tips Kesehatan yang baik.

Akupunktur untuk Sakit Kepala

Dalam bentuk pengobatan Cina, seorang praktisi menempatkan jarum halus pada titik-titik tertentu di tubuh Anda. Merangsang titik-titik tersebut dapat menjadi obat penghilang rasa sakit alami tubuh dan untuk memudahkan leher, bahu, dan nyeri kepala berkurang. Beberapa studi telah menemukan bahwa ketika akupuntur dilakukan sebagai terapi pencegahan selama beberapa bulan dapat mengurangi jumlah ketegangan sakit kepala. Sebelum anda melakukan pengobatan dengan sistem akupuntur, sebaiknya anda mengikuti beberapa Tips Persiapan Pengobatan akupuntur terlebih dahulu agar anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

Konsumsi Kafein.

Tips Kesehatan selanjutnya dalam proses pengobatan sederhana ini adalah dengan menggunakan kafein. Kafein dapat membantu meringankan gejala sakit kepala dengan cara membantu obat pereda nyeri bekerja lebih baik dan lebih cepat. Itulah sebabnya kafein sering digunakan sebagai bahan dalam obat-obatan termasuk obat penghilang sakit kepala. Selain itu kafein yang banyak terdapat pada Kopi Bisa Memperpanjang Usia.

Bersantai untuk Mengurangi Nyeri

Latihan pernapasan dapat mengurangi stres dan meredakan sakit kepala. Cobalah untuk mengambil napas dalam-dalam beberapa kali dan membuang napas secara perlahan-lahan sambil membayangkan sesuatu yang damai dan tenang. Dekatkan dagu ke dada kemudian secara lembut dan perlahan-lahan memutar kepala Anda dalam setengah lingkaran dari satu sisi ke sisi lain. Ambil napas panjang dan buang napas perlahan. Selain dengan cara ini, anda juga bisa melakukan yoga

Kompres Panas atau Dingin

Dingin dan panas dapat menghilangkan rasa sakit dan ketegangan otot yang biasa menyertainya. Mandi dengan menggunakan air panas atau mengompres pada bagian belakang leher dapat meringankan gejala ketegangan sakit kepala. Anda bisa mengompres dengan menggunakan botol berisi air panas atau handuk hangat. Jika Anda lebih suka dingin, anda bisa membungkus es batu dengan handuk kemudian meletakkannya di mana andamerasakan sakit.

Pijat

Pijat dapat membantu menghilangkan otot yang kaku atau tegang dan membantu anda untuk rileks. Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk memijat lembut kepala, leher, dan otot bahu anda atau  anda juga bisa melakukannya sendiri dengan pijatan kecil pada daerah yang terasa sakit. Lakukan pemijatan secara lembut di tempat yang menyakitkan di kepala anda dengan ujung jari anda selama beberapa detik. Istirahat dan ulangi lagi hingga sakit kepala anda hilang.

Gerakan Senam Kecil

Beberapa gerakan pada bagian leher dapat anda lakukan untuk meredakan ketegangan sakit kepala. Ini merupakan salah satu Tips Kesehatan Mengatasi Gangguan Sakit Kepala yang sangat mudah dan praktis Berikut ini adalah latihan gerakan yang dapat anda lakukan. Tempatkan telapak tangan di dahi Anda. Dengan menggunakan otot leher Anda, tekan dahi dengan perlahan maju dan telapak tangan menahan. Usahakan kepala Anda tetap tegak, sedangkan tangan dan lengan anda tetap menahan tekanan tersebut.

Mencoba Teknik akupresur

Akupresur dapat membantu meringankan sakit kepala. Tempatkan ibu jari Anda di dekat dasar tengkorak anda. Tekan ke dalam dan sedikit ke atas dengan ibu jari anda sampai anda merasa sedikit sakit. Buatlah gerakan melingkar kecil selama 1-2 menit sambil tetap menekan ibu jari anda tersebut.

Obat Sakit Kepala

Beberapa obat sakit kepala telah dijual bebas dipasaran. anda bisa menggunakan dan mengkonsumsi obat tersebut dengan membaca aturan pakai yang tertera pada setiap label atau bungkusnya. Beberapa obat seperti contohnya aspirin dapat mengatasi gangguan sakit kepala. Akan Tetapi, penggunaan obat yang lebih dari tiga hari tidak dianjurkan oleh dokter. Jika anda telah melakukan pengobatan selama tiga hari dan belum juga ada hasil, maka sudah waktunya anda menemui dokter anda untuk mendapatkan penanganan dan beberapa Tips Kesehatan yang lebih baik.

Hubungi Dokter

Temui dokter anda jika sakit kepala anda sering terjadi atau berlangsung lebih dari beberapa hari. Dapatkan segera bantuan medis jika sakit kepala anda terjadi secara tiba-tiba dan parah, terjadi setelah cedera kepala, atau sakit kepala yang terburuk yang pernah anda miliki. Ini juga penting untuk segera mendapatkan perawatan jika sakit kepala anda disertai dengan demam, leher kaku, kejang, mati rasa, penglihatan ganda, pusing, mual berat, sesak napas, atau kebingungan.

Semoga sedikit dari apa yang kenzoo berikan diatas bisa menjadikan sebuah gambaran dan cara anda mengatasi sakit kepala anda akibat ketegangan otot. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...