Pages

Cara Mengatasi Nyeri Sendi Akibat kelelahan

Cara Mengatasi Nyeri Sendi Akibat kelelahan
Kenzoo - Mungkin tanpa sadar anda telah melakukan olahraga berlebih atau aktivitas yang padat dihari libur ini yang mengakibatkan anda kelelahan dan mungkin yang lebih parah anda mendapatkan nyeri di beberapa persendian, badan terasa pegal-pagal dan otot terasa kaku. Dan untuk kasus tertentu ini bisa mengakibatkan gangguan pada sakit pinggang. Dalam beberapa kasus hal ini tergolong wajar dan bisa terjadi bagi siapa saja yang pada waktu sebelumnya telah meningkatkan aktivitas berlebih seperti mengerjakan pekerjaan rumah yang menumpuk atau berolahraga. Mungkin anda telah terbiasa melakukan olahraga, namun hal ini bisa tetap terjadi jika anda dengan tiba-tiba meningkatkan intensitas olahraga anda. Perubahan yang anda lakukan ini dapat mengakibatkan cedera kecil yang disebut microdamage dalam serat otot dan jaringan ikat. Biasanya akan terasa setelah satu hari kemudian dan akan mencapai puncak rasa sakit dalam waktu 48 jam kemudian dan akan membaik secara bertahap.

Kabar baiknya adalah, ketika anda melakukan kegiatan yang sama lagi, otot anda akan mulai terbiasa dan jika dilakukan secara rutin dan berkala, rasa sakit itu akan berkurang karena anda telah memperkuat jaringan otot atau ikat. Ketika sendi anda terasa sakit dan perih, yang biasanya merupakan tanda osteoathritis, yaitu kondisi peradangan yang biasa terjadi saat usia mulai bertambah. Tulang rawan yang biasanya menjadi bantalan menipis dan mengakibatkan peradangan pada sendi.

Dalam kesempatan kali ini kenzoo akan memberikan tips kesehatan tentang bagaimana Cara mengatasi Nyeri Sendi Akibat Kelelahan yang bisa anda lakukan.

Mengobati Sakit Otot dan Nyeri Sendi

Satu pertanyaan besar yang kebanyakan orang pikirkan adalah ketika mereka sedang mengobati sakit otot tersebut. Apakah dengan cara dingin atau dengan cara panas.? Para ahli mengatakan penggunaan es yang tidak secara langsung atau dibungkus dengan handuk adalah cara terbaik yang bisa dilakukan. Namun kebanyakan orang Indonesia lebih menyukai dengan cara panas yaitu dengan mandi menggunakan air hangat. Hal ini memang bisa mengurangi sakit akibat kelelahan tersebut, namun sebenarnya hal ini tidak akan segera menghilangkan nyeri sendi dalam waktu dekat. Jadi langkah terbaik adalah mengompres menggunakan es yang telah dibungkus dengan handuk sesaat setelah anda melakukan aktivitas tersebut. Dan anda bisa melanjutkan dengan mandi menggunakan air hangat setelah beberapa saat untuk meningkatkan aliran darah kedaerah tersebut.

Penggunaan metode dingin sebagai Cara mengatasi Nyeri Sendi Akibat Kelelahan memang menjadi tips kesehatan yang tepat. Hal ini pernah kita bahas sebelumnya bahwa penggunaan air dingin pada saat mandi lebih menyehatkan. Anda bisa baca artikel tersebut di 6 Manfaat Mandi Dengan Air Dingin. Ketika anda benar-benar merasa tidak tertahankan dengan nyeri sendi yang anda alami, anda bisa menggunakan pengobatan dengan mengkonsumsi obat penghilang trasa nyeri yang bisa anda dapatkan di toko obat, namun berhati-hatilah dalam menggunakan obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID) karena penggunaan obat ini secara teratur dalam jangka panjang dapat mengganggu kemampuan otot anda.

Periksakan ke dokter atau apoteker tentang interaksi penggunaan obat ini dengan obat yang mungkin sedang anda konsumsi. Beberapa orang dengan kondisi medis tertentu seperti bisul, penyakit ginjal dan penyakit hati disarankan untuk menghindari penggunaan obat tersebut. Kadang-kadang Cara Mengatasi Nyeri Sendi Akibat Kelelahan membutuhkan lebih dari kompres es atau obat pereda nyeri. Nyeri otot yang datang dengan cepat dan terasa intens adalah tanda bahwa Anda telah terluka sendiri. Hubungi dokter jika rasa sakit parah atau berlangsung selama lebih dari beberapa hari.

Mencegah Terjadinya Nyeri Sendi

Para ahli merekomendasikan untuk melakukan peregangan sebelum berolahraga untuk mencegah sakit otot. Namun penelitian telah menunjukkan bahwa peregangan yang dilakukan sebelum olahraga dimulai tidak berbuat banyak untuk mencegah nyeri atau cedera. Ini sebenarnya dilakukan hanya sebagai pemanasan pada otot-otot tersebut. Anda bisa melakukan peregangan setelah otot-otot anda terasa sudah hangat.

Beberapa bahan alami telah dipercayai untuk mencegah sakit otot, termasuk antioksidan seperti vitamin C, namun sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter anda terlebih dulu jika anda mencoba untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin C dalam bentuk kapsul. Cara paling aman untuk mendapatkan asupan vitamin C adalah mengkonsumsi vitamin C yang berasal dari alam yaitu buah-buahan. Anda juga bisa melakukan beberapa gerakan senam yang serius yang dapat membantu mengurangi sakit otot.

Jadikan Aktivitas Rutin

Salah satu Cara mengatasi Nyeri Sendi Akibat Kelelahan adalah dengan cara menjadikan aktivitas anda menjadi aktivitas rutin Anda. Mulailah dengan latihan ringan dan secara bertahap anda bisa meningkatkannya. Peningkatan yang bisa anda lakukan dalam setiap sesi sebaiknya tak lebih dari 10 persen untukm engindari terjadinya peradangan dan nyeri sendi atau sakit otot akibat kelelahan tersebut. Jika Anda memiliki kondisi medis atau Anda tidak yakin tentang kesehatan Anda, cek dengan dokter Anda sebelum memulai program olahraga. Dokter Anda dapat membantu Anda menemukan sebuah program latihan yang aman dan efektif untuk Anda.

Ingat, ketika Anda memiliki nyeri sendi, Anda mungkin tergoda untuk meringkuk di tempat tidur. Sebenarnya, salah satu hal yang menjadi tips kesehatan terbaik yang dapat Anda lakukan untuk sendi Anda adalah olahraga. Sendi kita perlu bergerak untuk mendapatkan nutrisi. Olahraga ringan dapat membantu memperkuat otot-otot yang mendukung sendi. Mungkin juga anda bisa berkonsultasi dengan ahli terapi fisik yang bisa membantu dan menunjukkan kepada Anda bagaimana berolahraga dengan aman dan cara mempertahankan postur yang baik sehingga Anda tidak terluka atau memperburuk nyeri sendi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...