Pages

Makanan yang Aman untuk Gigi

gigi

Gigi sehat ibarat mutiara yang mahal harganya sehingga harus dijaga agar tidak rusak. Tidak selalu harus dengan perawatan yang mahal, pemilihan makanan yang tepat sudah bisa membantu merawat kesehatan gigi.

Karena fungsinya untuk mengunyah makanan, gigi selalu bersentuhan dengan berbagai jenis makanan. Beberapa di antaranya bersifat korosif alias merusak, sehingga harus pintar-pintar memilih agar gigi tetap kuat sampat tua.

Dikutip dari WebMD, Rabu (20/10/2010) makanan dan minuman yang baik dan aman bagi kesehatan gigi di antaranya adalah sebagai berikut:

Air putih
Noda di gigi bisa muncul akibat meningkatnya keasaman rongga mulut saat mengunyah makanan. Minum air putih berguna untuk mempercepat pembersihan sisa-sisa asam sehingga tidak mengotori gigi.

Permen karet bebas gula
Mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi saliva atau air liur, sehingga dapat menetralisir keasaman rongga mulut. Produksi air liur yang meningkat juga dapat membantu pembersihan sisa-sisa makanan.

Buah-buahan beraroma sitrus
Meski rasanya asam, jeruk dan sebangsanya dapat meningkatkan produksi air liur sekaligus melindungi lapisan enamel. Selain itu, jeruk mengandung banyak air sehingga dapat menyingkirkan bakteri-bakteri penghasil asam.

Keju dan susu
Kandungan protein, kalsium dan fosfor dalam susu atau keju dapat mencegah erosi atau pengikisan lapisan enamel di permukaan gigi. Selain menguarkan, susu dan keju juga meningkatkan produksi air liur sehingga bisa menetralisir keasaman rongga mulut.

Ikan
Asam lemak omega-3 yang banyak terkandung pada ikan merupakan salah satu antioksidan yang bisa mengurangi risiko infeksi pada gusi. Gusi yang sehat akan mencegah kerusakan pada akar gigi yang tertanam di rahang.

Cokelat
Meski mengandung gula, cokelat tidak banyak meningkatkan risiko gigi berlubang dan membusuk karena kandungan antioksidannya lebih banyak. Cokelat hitam lebih baik untuk menjaga kesehatan gigi sebab kandungan gulanya lebih sedikit dibandingkan jenis cokelat lainnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...