Pages

Teknologi Untuk Mengetahui Bola Telah Melewati Garis Gawang

Dalam pertandingan sepak bola, mungkin anda semua pernah mendengar goal-goal yang dianggap kontroversial. Wasit terkadang dianggap tidak fair saat menentukan bola sudah melewati goal line atau belum. Nah seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang sudah ada teknologi yang dapat membantu wasit dalam mengambil keputusan dengan lebih akurat. Teknologi ini biasa dikenal dengan goal-line technology.

Goal-line technology adalah teknologi yang digunakan dalam pertandingan sepak bola untuk menentukan apakah bola telah melewati garis gawang atau belum.
Ada 3 komponen utama yang dibutuhkan dalam penerapan goal-line technology ini, yaitu :

1.Bola 

Bola yang digunakan dalam teknologi ini tentu bukan bola sepak biasa, melainkan bola yang telah dimodifikasi. Bentuk bola tersebut memang tidak jauh beda dengan bola pada umumnya. Bentuknya tetap bundar dengan bahan 100 persen polyurethane. Yang tampak berbeda hanya desain luar. Bentuknya tidak lagi terdiri atas bidang-bidang heksagonal dan pentagonal. Namun, garis-garisnya didesain berupa lengkungan-lengkungan yang berbentuk mendekati angka 8. Di dalam bola ini terdapat microchip yang diikat dengan kawat tipis supaya letaknya tetap berada di tengah bola. Microchip dibuat sedemikian rupa agar tidak rusak ketika mengalami guncangan atau tendangan yang keras. Microchip ini bertugas untuk mengirimkan sinyal yang berisi informasi mengenai posisi bola di lapangan. Berat bola mengikuti standard pada umumnya dan tidak dipengaruhi oleh adanya microchip

2.Unit Penerima 

Unit ini menerima pesan dari komputer pusat dan menentukan apakah goal telah dicetak. Unit ini berbentuk seperti jam tangan yang dipakai oleh hakim garis dan wasit yang bertugas saat pertandingan. Pesan ”goal” yang dikirim dapat berupa pesan visual, audio, atau getaran.




3.Kabel Medan Magnetik

Kabel tipis akan diletakkan di sekeliling area gawang untuk menciptakan medan magnetik. Kabel tersebut berdiameter 2 mm dan ditanam didalam tanah sedalam 15-20 cm. Medan magnetik ini akan membuat microchip dalam bola bereaksi ketika bola melewati garis gawang. Kerja kabel ini tidak akan dipengaruhi oleh perubahan cuaca selama pertandingan berlangsung.

Cara Kerja

Goal-line technolgy ini menggunakan sistem RFID (Radio Frequency Identification). Kegunaan dari sistem RFID ini adalah untuk mengirimkan data dari perangkat portable dan kemudian dibaca oleh RFID reader dan kemudian diproses oleh komputer. Pada goal-line technology, RFID terdiri dari microchip yang dipasang di tengah bola dan antena yang terletak di sekeliling lapangan. Selain dipasang di tengah bola, microchip juga dipasang pada kaki pemain. Dengan itu kita dapat mengetahui letak bola dan pemain selama pertandingan berlangsung. Pengiriman data dapat dilakukan dengan cepat karena menggunakan frekuensi yang tinggi, yaitu 2.4 GHz ISM band. Sistem ini dapat mengukur 100.000 pengukuran tiap detiknya.

Akurasi berkisar antara satu sampai dua cm, walaupun objek bergerak dengan kecepatan 140 km per jam. Terdapat 6 hingga 10 antena di sekeliling lapangan untuk menentukan posisi secara 3 dimensi. Di sekitar garis gawang dan area penalti terdapat kabel tipis yang dialiri oleh arus listrik, yang kemudian menghasilkan medan magnetik. Ketika bola melewati garis batas gawang, microchip pada bola akan mendapat sinyal dan mengirim pesan ke antena receiver. Terdapat sepasang receiver terletak di belakang gawang, yang berfungsi untuk melanjutkan pesan ke komputer pusat. Pesan yang dikirim oleh microchip juga mengalami enkripsi. Hal ini untuk mencegah pihak luar melakukan modifikasi pada pesan/data yang dikirim. Setelah itu giliran komputer pusat yang mengirimkan pesan ke penangkap sinyal yang berada pada jam tangan wasit. Tentu saja dilengkapi dengan tampilan data mengenai catatan waktu ketika gol itu dicetak. Dengan demikian hasil gol akan tercatat dengan akurat dan tidak lagi menimbulkan kontroversi seperti yang selama ini terjadi. Goal-line technology sendiri sampai sekarang masih terus dikembangkan dan baru diuji pada beberapa pertandingan sepakbola. Diharapkan teknologi ini dapat membantu pertandingan agar dapat berjalan dengan lancar dan adil.

FIFA Segera Uji Teknologi Garis Gawang
goal.com. FIFA mengumumkan akan segera menguji teknologi garis gawang dari sepuluh perusahaan. Rencananya teknologi ini akan diuji pada 7-13 Februari 2012.
Hasil dari pengujian ini akan digunakan sebagai bahan pertimbangan FIFA sebelum memutuskan apakah teknologi itu akan diterapkan dalam sepak bola atau tidak.
Pengujian akan dipimpin oleh lembaga riset EMPA Zurich. Akurasi dan kecepatan waktu merupakan kriteria utama, karena teknologi akan digunakan untuk membantu dan mengakomodasi kebutuhan wasit mengambil keputusan benar dalam hitungan detik.
Tes alat akan dilakukan dalam ruangan tertutup di markas besar FIFA. Tidak diketahui apakah Hawk-Eye, firma yang sudah memanfaatkan teknologi tersebut pada olahraga tenis dan cricket mengambil bagian dalam uji coba ini. 
Menurut Soccernet, Rabu (4/5) Hawk-Eye sudah dimintai konfirmasi mengenai penggunaan teknologi ini, namun tetap menolak memberikan jawaban apakah mereka ambil bagian atau tidak.
Sejumlah pihak berharap ada sistem yang memenuhi kriteria FIFA dan kemudian disahkan untuk diterapkan dalam sepak bola.

PD 2014 Pakai Teknologi Garis Gawang
kompas.com. Ketua FIFA Sepp Blatter mengatakan teknologi garis gawang kemungkinan besar akan mulai diterapkan pada Piala Dunia 2014 Brasil.
"Saya pikir pada 2012 kami akan memiliki sistem yang akan mendeteksi apakah telah terjadi gol atau tidak. Pada titik ini, teknologi tersebut akan diperkenalkan pada Piala Dunia 2014," ujar Blatter.
"Penting untuk membuka diskusi soal perlu-tidaknya teknologi itu dalam sepak bola, untuk menghindarkan Inggris dari ketidakadilan," tambahnya.
Ketidakadilan yang dimaksud Blatter adalah ketika Inggris menghadapi Jerman di babak 16 besar Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...